Rettania’s Profile

Rettania ahir di Surabaya pada hari ketujuh di bulan keempat. Bangga memiliki shio Naga yang merupakan lambang zodiak terkuat. Menggemari komik sejak kecil dan awalnya bercita-cita menjadi komikus dengan hobi menggambarnya. Namun karena kurang telaten, pelan-pelan membelokkan hobinya ke dunia penulisan.

Pada tahun 2006, naskah pertama yang dikirimkan untuk mengikuti sebuah lomba novel remaja diterbitkan sebagai salah satu dari 10 naskah pilihan redaksi. Novel Teenlit Dear Miss Blue (2006) inilah yang membukakan pintu ke dunia penerbitan. Setahun kemudian, terbitlah Dear Diary (2007), novel teenlit keduanya. Lalu pada 2008, ia sempat berpartisipasi dalam program pengadaan buku yang merupakan kerjasama Puspa Swara dengan pemerintah dengan menulis novella berjudui Diariku (2008) yang langsung didistribusikan ke perpustakaan sekolah-sekolah SD dan SMP. Buku ini tidak dijual bebas.

Pada tahun 2009, bersama dengan ibu (Nana R. Praptini) dan adiknya (Affa) menulis buku personal literature berjudul On-Tech. Buku ini juga yang mengawali karir penulisan Nana R. Praptini di genre komedi dan kini, horror.

Tahun 2010, ia mulai terjun ke dunia kerja di bidang Public Relations yang sempat menyita waktu dan pikirannya sehingga harus vakum dari menulis. Setelah empat tahun, Rettania akhirnya mulai bisa meluangkan waktunya untuk kembali menulis, kegiatan yang sudah lama dirindukan.

Lalu, terbitlah Apartemen Berhantu (2014), sebuah novel bergenre horor remaja yang juga menjadi novel comeback Rettania ke toko-toko buku. Genre horor selalu menjadi guilty pleasure penulis sejak dirinya masih SD, yang sering menonton film-film alm Suzanna bersama ayahnya.

Novel berikutnya masih bergenre horor dengan nuansa remaja yang kental. Rahasia Lantai Keempat terbit pada April 2015, dengan tingkat ketegangan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Saat ini, Rettania sedang dalam proses menulis buku yang ke-7. Buku ini akan memiliki genre Light Novel yang merupakan bagian dari project Light Novel Bukune.

Rettania juga bisa dihubungi melalui email di retty.tania@gmail.com.

Leave a Reply