Tentang Proyek Light Novel

Halo!

Rasanya sudah lama aku nggak update blog, ya. Beberapa bulan belakangan, memang aku disibukkan dengan hutang deadline untuk naskah terbaruku. Buat yang mengikuti media sosialku, mungkin sudah mendengar bahwa aku akan mengeluarkan buku dengan genre romance.

Iya, romance.

Aku diminta editor menulis Light Novel (LN) ini sebenarnya sejak Maret lalu. Konsep LN ini dari penerbit adalah satu buku yang teridiri dari 4-5 cerita yang berdiri sendiri, tapi saling berhubungan dan terjadi di satu sekolahan yang sama. Uniknya, konsep LN ini mengharuskan setting lokal, tapi dengan sentuhan Jejepangan.

Setelah memutar otak, akhirnya aku memutuskan untuk membuat settingnya menjadi sebuah sekolah internasional Jepang milik yayasan swasta asal Negeri Sakura yang berdiri di kawasan Bogor. Sekolah ini kuberi nama “Asagao High”. Sekolah ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan expatriat asal Jepang maupun warga keturunan Jepang akan pendidikan berbasis kurikulum dari negara asalnya, yang telah diakui dan disesuaikan dengan pendidikan di Indonesia. Jadi, tahun ajaran di sini tidak dimulai di bulan April, tapi pada sekitar bulan Juli, seperti sekolah di Indonesia pada umumnya.

Siswanya sendiri kebanyakan adalah anak expat Jepang atau keturunan yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Ada juga siswa yang merupakan pribumi atau warga Indonesia asli, meski prosentasenya kecil. Di Asagao High, seluruh siswanya wajib tinggal di asrama. Kompleks asrama sekolah berlambang bunga Morning Glory ini berdiri tidak jauh dari bangunan sekolah, sekitar 15 menit berjalan kaki meniti jalanan teduh di tepi kota Bogor.

Nah, keempat tokoh utama perempuan dalam kisah ini, tentu adalah siswi-siswi Asagao High. Ketika memikirkan nama untuk mereka, aku memutuskan untuk memakai nama-nama bunga. Soalnya, bahasa bunga (hanakotoba) memiliki keunikan dan makna tersendiri bagi masyarakat Jepang.

Ini dia penampakan keempat tokoh dan makna dibalik nama mereka:

1. Erika (エリカ)

Makna: kerendahan hati, kesepian, kebajikan

 

2. Ran (蘭)

Makna: keindahan, perasaan sayang yang mudah berubah

 

3. Tsubaki (椿)

tsubaki

Makna: cinta yang sempurna, pesona sempurna

 

4. Kanna (カンナ)

Makna: masa depan yang solid, kegigihan

Nanti, aku akan memperkenalkan lebih jauh mengenai tokoh-tokohku ini, beserta “pasangan” mereka. Yang jelas, keempat tokoh ini akan memiliki kisah yang berbeda rasa.

Di luar kuasanya, Erika jatuh hati pada Yuu, rivalnya di bidang akademis yang juga terkenal tidak pernah awet pacaran. Ran sulit percaya bahwa Jun sungguh-sungguh menyukainya, bukan hanya ingin menjadikannya kamuflase untuk menutupi kecenderungannya. Tsubaki yang patah hati pada seniornya, menawarkan diri pada sahabatnya, Kenzo, yang terus mengeluh ingin punya pacar. Lalu, Kanna si Ketua OSIS yang sudah dibuat pusing oleh masalah yang terjadi di sekitaran sekolah dan asrama, kini terancam kehilangan Shuhei, sang wakil yang paling mengerti tentang dirinya.

Saat keempatnya harus menghadapi perasaan mereka masing-masing, kehidupan siswa-siswi Asagao High mulai terusik dengan banyaknya kasus kehilangan yang semakin meresahkan.

Mau tahu seperti apa jalannya kisah mereka? Stay tuned yaa, karena aku akan posting lebih banyak lagi tentang Light Novel ini. 🙂

 

 


Note: flowers image and meaning from hanakotoba-labo.

5 comments

    • Rettania says:

      Hahaha, yha namanya selera~ kalau sebelumnya nggak familiar sama komik/dorama emang susah masuk sih. Pemilihan adegan sama suasananya kan beda XD

  1. Irma says:

    Can’t believe i found u here! I used to read ‘Dear Miss Blue’ all the time when I was in junior high, I read couple of ur fanfics, too, the ones with Prince of Tennis characters lol. Just found out from this site that u wrote some other books after that. Too bad i don’t read horrors 🙁 So i’m really looking forward to read this one! 😀

    • Rettania says:

      Hi~ sooo sorry for the late reply!
      Ahaha omg you also read my fanfics? XD *hides*
      Thanks for reading my works! this latest book is currently awaiting the publishing schedule, I hope it won’t be too long 😀

Leave a Reply