Behind the Scene #ApartemenBerhantu & Bulan Penuh Teror

Juni 2014.

Itu adalah pertama kalinya Ry Azzura ‘resmi’ menjadi editorku, sejak dia mengirimkan tawaran untuk menulis dalam sebuah seri horor remaja yang kemudian diberi nama Seri Takut. Di saat ini pula pintu untukku kembali menulis buku, terbuka lagi. Sebelumnya, aku menulis teenlit di tahun 2005-2008, tapi kemudian vakum cukup lama.

Iya, aku lompat genre dari teenlit ke horor.

Sebetulnya aku sudah lama menyukai genre horor. Dari jaman alm. Suzanna masih sering wira-wiri di teve, jaman komik masih terbagi dua menjadi Serial Cantik dan Serial Misteri–yang mana aku selalu lebih banyak mengoleksi Serial Misteri. Ketertarikanku sama cerita hantu, mistis dan supernatural, memang sudah mengakar. :p

Anyways.

Setelah menerima brief dari konsep seri remaja ini, dimulailah pencarian ide cerita seram, tapi yang cocok untuk remaja. Ya, kurang lebih seperti Goosebump gitu konsepnya. Aku brainstorming dengan seorang teman, dan ketemulah konsep cerita Apartemen Berhantu seperti sekarang.

Sebenarnya dalam konsep ceritanya sendiri, fokusnya bukan di apartemen, tapi lebih pada dinamika antara Luna dengan sang Bunda. Hanya saja, untuk setting, aku membutuhkan tempat dimana interaksi sosial antar-tetangga minim, sehingga dipilih setting apartemen ini. Untuk menemukan apartemen yang cocok, aku sempat riset baik secara offline dan online, melihat kira-kira apartemen seperti apa yang ditinggal Luna dan bundanya, lalu kisah seram apa saja yang beredar di lingkungan apartemen.

Untuk karakter Luna sendiri, aku sengaja menciptakan dia sebagai gadis remaja yang biasa saja, seperti anak SMA pada umumnya. Dia bukan tipe tokoh utama dalam kisah horor yang penyendiri atau suram, apalagi punya indera keenam. Luna cuma anak remaja yang terkadang manja, sedikit egois, tapi juga sangat sayang sama Bunda yang membesarkannya sebagai seorang single parent.

Keseluruhan cerita dan konflik di cerita Apartemen Berhantu ini sudah cukup solid dari awal aku membuat outline untuk di-approve oleh Ry, sehingga ketika menulis naskahnya, aku tidak mengalami kesulitan berarti. Aku hanya sedikit terkendala bahasa, karena selama masa vakum, aku aktif menulis dalam bahasa Inggris, sehingga ketika harus menulis dalam bahasa Ibu, yang ada malah otakku menciptakan kalimat-kalimat berbahasa Inggris yang harus aku terjemahkan lagi ke bahasa Indonesia.

So, singkat cerita, naskah itu kuselesaikan dalam waktu satu bulan lebih sedikit. Sebelum kukirim ke Ry sebagai editor, aku lempar dulu naskahku ke beberapa teman dekat yang kupercaya sebagai tukang bantai naskah, karena mereka tidak segan memberitahu apabila naskahku belum bagus. Setelah lolos dari mereka, baru naskah itu meluncur ke Bukune.

Alhamdulillah, proses setelahnya berjalan lancar. Naskahku lolos tanpa revisi hingga turun cetak, dan akhirnya berhasil terbit di akhir bulan Agustus 2014.

IMG_0806

Setelah itu, aku berpikir untuk membuat book trailer untuk novel ini. Dengan dibantu teman-teman dan adikku yang baik hati dan tidak sombong (dan rela hanya dibayar pake Pizza), akhirnya niat itu terlaksana juga. Kami akhirnya syuting book trailer berbentuk seperti film pendek untuk teaser novel Apartemen Berhantu, dan ini hasilnya~

Tonton dulu deh trailernya.

Gimana, sudah penasaran belum?

Nah! Ini dia kabar bagusnya. Sekarang, kamu bisa mendapatkan e-Book Apartemen Berhantu secara GRATIS di Google Playstore! KLIK DI SINI untuk mengunduhnya.

apato goplay

Ini screenshot-nya di google play~

Jangan khawatir. Meski dimintai informasi metode pembayaran, buku ini tetap gratis, jadi gak akan ada tagihan ke kartu kreditmu ataupun pemotongan pulsa. Ingat ya, kamu bisa mengunduh novel ini secara gratis, hanya pada periode 19 Mei – 2 Juni 2015. Jadi, buruan download sekarang, mumpung masih gratis, nih!

Terus… kejutan dari aku bukan cuma itu saja, lho! Jadi ceritanya, Bukune sekarang sedang merayakan “Bulan Penuh Teror“. Nah, nggak hanya menyediakan buku-buku horor terpilihnya secara gratis melalui Google Play, Bukune juga akan bagi-bagi hadiah berupa PAKET BUKU. Asik, kan?

Caranya…? JENG! JENG! Blog Tour!!

BulanTeror Apartemen-alt2

Gampang, kan? Yuk, yang suka baca dan review, ikutan di blog tour ini! Gak perlu daftar, langsung aja download bukunya, baca, lalu tulis resensimu di blog. Tinggal di-tweet deh. Setiap tweet resensi yang masuk akan di-retweet dan kamu berkesempatan mendapatkan paket buku kece dari Bukune. Tunggu apa lagi? 😀

Jangan lupa pantengin terus twitter @Bukune dan tagar #BulanTeror selama satu bulan ke depan yaa~

Thank you and good luck!

3 comments

Leave a Reply